Follow Us

Komponen Komputer

Komponen Komputer

Kali ini saya akan membahas tentang komponen komputer, komponen komputer terbagi menjadi 3, yaitu Hardware (Perangkat Keras), Software (Perangkat Lunak) dan Brainware (Pengguna).

Hardware (Perangkat Keras)

Hardware atau perangkat keras adalah bagian komputer yang bisa kita lihat wujud fisiknya. Macam macam hardware komputer meliputi :

1. Motherboard atau Mainboard

Motherboard adalah bagian komputer yang paling utama karena pada motherboard inilah komponen komputer lain seperti RAM, Harddisk, dan Processor dapat saling terhubung. motherboard juga punya komponennya sendiri, yaitu

1.1 Socket Processor

Fungsi dari socket processor sendiri adalah tempat dimana kita memasang processor pada motherboard.

1.2 Slot RAM

Seperti dengan namanya slot RAM sendiri gunanya adalah sebagai tempat dimana kita memasang RAM yang akan kita gunakan pada komputer. Tergantung spesifikasi dari motherboard sendiri untuk slot RAM biasanya ada dua buah slot bahkan ada juga empat slot, dengan begitu kita dapat memasang RAM dengan jumlah yang cukup banyak.

Sumber (1.1 dan 1.2): Mengenal Apa Itu Motherboard – Catatan anak IT | Satbud

1.3 Input Output

Input output merupakan port port yang dapat digunakan untuk menghubungkan alat alat input/output seperti monitor, keyboard, mouse, speaker, dll. posisi input/output berada di bagian kiri motherboard, tergantung jenis motherboard, port yang ada di input/output bisa berbeda beda.

dan masih banyak komponen motherboard lainnya yang ada diluar cakupan materi ini.

2. Processor

Processor adalah salah satu komponen penting komputer yang berfungsi untuk memproses data dan mengontrol sistem yang ada pada komputer. Processor juga bisa disebut sebagai otak dari komputer. Secara singkat, processor bekerja untuk melakukan perhitungan serta menjalankan perintah-perintah yang diperintahkan oleh pengguna komputer itu sendiri. (Sumber : Pengertian Processor dan Macam-Macam Processor (indoworx.com))

3. Harddisk

Hard disk adalah komponen perangkat keras yang menyimpan semua konten digital. Dokumen, foto, musik, video, program, preferensi aplikasi, dan sistem operasi mewakili konten digital yang tersimpan di hard disk. Hard disk dapat berupa eksternal atau internal.

Semuanya yang dapat disimpan di hard disk diukur berdasarkan ukuran file. Dokumen (teks) biasanya berukuran sangat kecil, sedangkan foto berukuran besar, musik berukuran lebih besar, dan video berukuran terbesar. Hard disk akan menentukan ukuran file digital dalam satuan megabyte (MB), gigabyte (GB), dan terabyte (TB). (Sumber : Semua yang Ingin Anda Ketahui Tentang Hard Disk. Memahami dasar-dasar hard disk akan membantu Anda membuat keputusan penyimpanan yang lebih baik. | Seagate Indonesia)

4. RAM (Random Access Memory)

RAM merupakan sebuah memory yang memiliki kecepatan jauh lebih cepat dari harddisk, jadi RAM itu mengibaratkan sebuah kantong celana dan harddisk mengibaratkan sebuah tas, jika kita ingin dengan cepat menggunakan HP yang kita miliki maka kita pasti akan menaruh HP kita di kantong celana dan bukan di tas, komputer juga sama, jika komputer ingin mengakses data dengan cepat maka data yang dibutuhkan oleh komputer untuk menjalankan sebuah aplikasi akan diletakan di RAM agar aplikasi bisa berjalan dengan lancar.

Software (Perangkat Lunak)

Software atau perangkat lunak adalah sebuah komponen yang tidak memiliki wujud, alias tak kasat mata.

Perangkat jenis ini terdiri dari program yang bertugas untuk mengolah data yang sudah dimasukkan ke dalam hardware.

Software kembali dibagi menjadi tiga bagian yang berbeda, yakni:

  • Software Sistem
  • Software Aplikasi
  • Software Tambahan

Software sistem merupakan perangkat lunak yang bertugas untuk mengatur komponen pada komputer secara menyeluruh.

Komponen ini mencakup sistem operasi (OS) seperti Windows XP, Windows 2000, Windows 7, Linux, macOS dan lain sebagainya.

Software aplikasi adalah rangkaian program aplikasi yang dapat digunakan pengguna untuk menyelesaikan sebuah tugas tertentu.

Dapat dikatakan bahwa software aplikasi merupakan program pelengkap pada komputer yang digunakan sebagai sarana pengolahan data.

Beberapa contoh dari software aplikasi, yakni web browser (Chrome, Mozilla Firefox), Microsoft Office, game dan masih banyak lagi.

Software tambahan sendiri mencakup deretan program yang mampu menjalankan tugas-tugas khusus atau tambahan sekaligus melindungi perangkat hardware. Contoh dari software tambahan meliputi data recovery, disk defragmenter, screensever, dan backup.

Sumber : Mengenal 3 Komponen Sistem Komputer: Hardware, Software, dan Brainware Halaman all – Kompas.com

Brainware (Pengguna)

Istilah brainware mungkin sangat jarang disebutkan dalam komponen sistem komputer perangkat komputer. Namun kehadiran komponen ini tak bisa lepas dari kesatuan sistem komputer.

Berbeda dari hardware dan software, brainware merupakan sebuah faktor yang berasal dari perangkat komputer. Dalam hal ini, istilah brainware merujuk pada pengguna komputer.

Sebab sejatinya, pengguna lah yang memiliki kewenangan untuk menjalankan dan mengoperasikan komputer. Tanpa pengguna, komputer tidak dapat beroperasi secara maksimal.

Contoh dari brainware sendiri antara lain programmer, sistem analis, dan operator

Sumber : Mengenal 3 Komponen Sistem Komputer: Hardware, Software, dan Brainware Halaman all – Kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.